Wednesday, January 29, 2014

Sebab-sebab perang dunia 1



a.      Sebab tak langsung.
1.      Perkembangan Nasionalisme
Perkembangan nasionalisme di Eropa selama abad ke-19, memunculkan Italia dan Jerman sebagai kekuatan baru.Perkembangan nasionalisme memunculkan kegelisahan Negara-negara imperialis, seperti Inggris, Perancis, Turki Ottoman, dan Austria-Hongaria. Negara-negara itu mulai menghadapi tuntutan kemerdekaan dari wilayah yang dikuasai.
2.      Persaingan Ekonomi dan Politik
Perkembangan industri yang luar biasa di Eropa mengakibatkan timbulnya persaingan ekonomi untuk memperoleh bahan mentah industri dan pasar untuk menjual hasil industri.Persaingan ekonomi berkembang menjadi persaingan politik setelah negara-negara Eropa menggunakan imperialisme untuk menguasai suatu wilayah yang kaya akan bahan mentah industri ataupun yang berpotensi sebagai pasar hasil industri.
3.      Pembentukan Aliansi Militer.
Dalam suasana perkembangan nasionalisme dan persaingan ekonomi-politik, masing-masing Negara membangun kekuatan militer, seiring dengan teknologi mesin perang baru yang bermunculan ketika itu.Persaingan yang semakin genting mendorong tiap negara yang bersaing untuk mencari kawan lalu membentuk aliansi militer. Aliansi militer itu bertujuan untuk mengamankan kedudukan dan mengimbangi ancaman aliansi militer pesaing.Pada tahun 1882, Jerman, Italia, dan Austria-Hongaria membentuk persekutuan militer bernama Triple Alliance. Sebagai reaksi terhadap aliansi tersebut, Perancis, Inggris, dan Rusia membentuk Triple Entente pada tahun 1907. Akibatnya, bangsa-bangsa Eropa terbagi atas dua blok.
4.       Pertentangan Austria – Rusia.
      Rusia pada waktu itu sedang menjalankan politik warm water. Dan Rusia menganggap bahwa Austria menghambatnya,sedangkan Austria menganggap Rusia menghambatnya dalam mempersatukan wilayah sekitar semenanjung Balkan yang dipimpin oleh Rusia.Sehingga perangpun terjadi tanpa bisa di elakan lagi.
b.      Sebab langsung.
Penyebab lansung dari Perang Dunia I yaitu terbunuhnya Archduke Franz Ferdinand. Archduke Franz Ferdinand adalah pewaris tahta kerajaan Austria-Hongaria. Bersama istrinya, ia ditembak oleh Gavrilo Princip, seorang anggota kelompok teroris Serbia. Peristiwa yang terjadi tanggal 28 Juni 1914 itu menjadi alasan bagi Austria-Hongaria untuk menghancurkan Serbia. Sebulan setelah Franz Ferdinand terbunuh,tanggal 28 Juli 1914, Austria-Hongaria menyatakan perang kepada Serbia. Perang Dunia I pun dimulai.


EmoticonEmoticon