Sunday, February 8, 2015

Situs Patiayam


Situs Patiayam merupakan salah satu situs purbakala yang terletak di perbatasan Pati - Kudus. Sebagian besar yang ada disini adalah fosil - fosil hewan zaman purba diantaranya banteng, antelop jawa, kerbau, gajah, hingga kerang - kerang laut.

Nama patiayam sendiri diambil dari nama perbukitan dimana fosil - fosil ini ditemukan. Kerangka tulang - tulang purba cukup lengkap dikarenakan pada tempat ditemukannya fosil tidak ada sungai yang mengakibatkan berpencarnya fosil - fosil tersebut. Fosil - fosil ini ditemukan pada permukaan tanah pleistosen dan diperkirakan 600.000 tahun yang lalu. Manusia purba yang ditemukan disini adalah homo erectus dimana manusia ini hidup pada masa 1,89 juta tahun yang lalu hingga 143.000 tahun yang lalu.

Hewan - hewan lain seperti jasad renik hingga fosil hewan laut dan trumbu karang juga ditemukan. Hal ini memperkuat bahwa daerah perbatasan Pati dan Kudus dahulu merupakan sebuah laut atau lebih tepatnya selat yang memisahkan pulau jawa dan pulau muria.



Fosil hewan purba yang ditemukan diantaranya bovidae (banteng, kerbau), Corvidae (rusa, kijang), Chelonidae (kura - kura), Crocodilis (buaya), Elephantidae (gajah), Fidae (macan, harimau), Rhinocerotidae (badak), Stegodon (gajah purba), Suidae (babi), dan Hipopotamidae (kuda nil).







EmoticonEmoticon