Friday, September 18, 2015

Penyebab Revolusi Industri di Inggris


  • Keamanan dalam negara Inggris yang mantap pada sekitar  abad 18 sehingga menjamin seluruh kehidupan masyarakat, begitu pula dalam bidang ekonomi masyarakat Inggris dapat menjalankan roda perekonomian dengan  tenang. 
  • Mulai berkembangnya bidang kewiraswastaan da manufaktur, perkembangan masyarakat Eropa sebelum Revolusi Industri masi menjalankan industri rumahan dan menggunakan uang dan sistem barter, namun setelah masyarakat Inggris mengenal gilda (bengkel kerja dan pusat usaha yang ada di Prancis) memunculkan minat masyarakat Inggris sebagai tempat yang lebih memadahi seperti pabrik. 
  • Inggris mempunyai kekayaan alam terutama batu bara dan bijih besi. Kekayaan alam di Inggris dikembangkan dalam bidang industri terutama untu memproduksi alat-alat industri berat dan bahan bakar. 
  • Inggris mempunyai banyak daerah jajahan yang tersebar di benua Afrika dan Asia. Daerah jajahan yang dimiliki Inggris mendukung kegiatan industri Inggris karena dapat menyediakan bahan baku yang diperlukan oleh Inggri selain itu sepagai tempat pemasaran hasil industri Inggris. 
  • Terjadinya revolusi agraria  Revolusi Agraria disebabkan oleh berkembangnya kerajinan pakaian wol yang meningkatkan permintaan bulu domba. Perubahan tersebut mempunyai dampak bagi para petani karena pada sebelumnya tanah pertnian digunakan bekerja petani penyewa dan sejak tanah itu diubah menjadi peternakan jumlah pekerja yang digunakan relatif sedikit, akibatnya para petani beralih kerja menjadi pekerja tambang batu bara danpabrik-pabrik tektil. Munculnya paham ekonomi Liberal, pada abad ke-17 pelayaran dan perdagangan Inggris berkembang dengan pesat.


EmoticonEmoticon