Saturday, January 2, 2016

Obyek Wisata Museum Kretek Kudus


Bila mendengar kota Kudus maka tidak akan jauh dari memikirkan industri rokoknya, tentunya tanpa meninggalkan jenang Kudus yang sudah terkenal. Kudus besar karena produksi rokoknya. Lebih dari 100 industri pabrik yang mengolah rokok di kudus. Tidak sedikit pula pemasukan uang dari rokok bagi pemasukan daerah kota Kudus. Maka dari itu sangat terlihat megahnya kota Kudus yang membanggakan kreteknya.

Apabila menelisik dari sejarahnya, kita bisa mempelajari sejarah kota Kudus melalui Museum Kretek yang ada di desa Gataspejaten, Jl Getaspejaten No 155 Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Museum ini dibangun pada 3 Oktober 1986 yang bertujuan memperlihatkan perkembangan yang pesat industri rokok Kudus yang mampu menguasai pangsa pasar Indonesia. Di Museum ini kita akan ditunjukkan pembuatan rokok manual hingga menggunakan mesin. Museum ini adalah satu - satunya museum rokok yang ada di Indonesia.

Di museum ini tersimpan 1.195 koleksi mengenai sejarah rokok. Di dalam museum ini kita akan ditunjukkan berbagai profil para pendiri rokok di Kudus serta diorama yang menggambarkan keadaaan masa lampau mengenai pembuatan rokok serta benda - benda yang berkaitan erat dengan proses pembuatan rokok pada masa lampau. Museum ini dikelola oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kudus.



EmoticonEmoticon