Wednesday, March 16, 2016

Kisah Berdirinya Kota Roma "Romulus dan Remus"

Romulus dan Remus, dua orang yang konon dari salah satu orang tersebut akan mendirikan sebuah kota di Italia bernama Roma. Romulus dan Remus di abadikan dalam sebuah patung dua anak kecil dan serigala yang sedang menyusui dua anak tersebut. Kisah berdirinya kota Roma berawal dari kisah lahirnya Romulus dan Remus. Raja Amulius dari kerajaan Alba-Longa khawatir terhadap kelahiran Romulus dan Remus karena kedua anak tersebut adalah keturunan dari Raja Numitor, raja yang dibunuh Raja Amulius untuk menempati tahta sebagai raja dari kerajaan Alba-Longa Raja Numitor adalah saudara tertua dari Raja Amulius. Romulus dan Remus adalah pemegang hak raja dari kerajaan Alba-Longa. Setelah lahir Romulus dan Remus dibuang di Sungai Tiber dengan harapan kedua bayi tersebut akan mati kelaparan atau dimakan hewan.

Namun kedua bayi tersebut tidak mati, ada seekor serigala yang sedang memiliki anak menyusuinya. Selanjutnya serigala tersebut membesarkannya sampai Romulus dan Remus bisa menjaga dirinya sendiri. Suatu saat seorang penggembala menemukan Romulus dan Remus yang sedang di besarkan seorang serigala. Kemudian penggembala tersebut mengajak untuk hidup bersama Romulus dan Remus sampai Romulus dan Remus dewasa dan bisa mempertahankan diri. Suatu hari Romulus dan Remus mengetahui masa lalu mereka dan berencana untuk mengalahkan Raja Amulius. Merekapun berangkat dan mengalahkan Raja Alba tersebut.

Stelah mengalahkan Raja Alba, mereka pergi ke sebuah padang rumput untuk selanjutnya mendirikn sebuah kota. Padang rumput tersebut suatu saat akan menjadi kota Roma. Ketika meminta petunjuk dewa tentang kota tersebu. Keduanya mendapatkan petunjuk yang berbeda. Ketika Remus memohon petunjuk, terlihat enam burung terbang diatas kepala mereka sedangkan ketika Romulus berdoa nampak 12 burung diatas mereka. Romulus mendapat petunjuk dari dewa dan mengatakannya kepada Remus “Kalau engkau menjadi raja, kota ini akan berdiri selama enam ratus tahun tetapi kalau aku menjadi raja kota ini akan berdiri selama 200 tahun”. Remus menjawab “Omong kosong”. Dan akhirnya keduanya saling berkelahi, Romuluspun membunuh saudaranya dan selanjutnya Romulus mendirikan kota Roma pada 753 SM. Kejadian ini di abadikan sebagai patung seekor serigala yang menyusui anaknya di puncak bukit Capitoline.


EmoticonEmoticon