Sunday, March 13, 2016

Pengajaran Sejarah Sekarang !!!

Bagi yang menyukai sejarah, sejarah itu menyenangkan, sejarah itu imajinatif, sejarah itu penuh bla bla bla. Itu untuk pandangan orang yang menyukai sejarah. Namun bagaimana pandangan orang – orang yang tidak menyukai sejarah? Sejarah terkesan membosankan, sejarah adalah ilmu kuno, dan bahkan mereka cepat bosan apabila mendengarkan pola pengajaran di sekolah yang lebih berorientasi pada teks. Lalu apa yang salah? Di era modern ini kemajuan teknologi seharusnya di ikuti di berbagai bidang terutama bidang pendidikan. Masih banyak sekolah yang mengesampingkan masalah teknologi di pola pengajaran, bahkan ada juga sekolah yang mendapat fasilitas teknologi dari pemerintah seperti proyektor namun tidak digunakan. Masalah SDM yang belum menguasai teknologi selalu menjadi kambing hitam untuk permasalahn ini dan selalu saja ke sistem konvensional yaitu menggunakan pola lama.

Kurikulum 2013 yang sejatinya mendorong guru untuk lebih inovatif nyatanya di sekolah – sekolah pinggiran malah kembali ke sistem lama. Kurikulum 2013 hanya digunakan sebagai formalitas semata. Kembali ke pola pengajaran sejarah, bagi saya semester akhir pendidikan sejarah yang berada di salah satu perguruan tinggi di semarang sangat gelisah dengan hal ini. Bagaimana tidak, yang diharapkan guru sejarah sebenarnya adalah setelah pengajaran sejarah, murid murid diharapkan bisa lebih mencintai sejarah dan bukan mendapat nilai bagus lalu berikutnya lupa dengan apa yang telah diajarkannya di waktu yang akan datang. Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Saya selain sebagai mahasiswa juga seorang blogger. Saya membandingkan teknik blogger dengan teknik pengajaran. Saya menganggap bahwa blog yang hanya ada teks saja sangat membosankan, begitu juga dengan buku pegangan siswa. Buku pegangan yang hanya teks saja tanpa diselingi gambar – gambar yang mampu menginspirasi siswa akan sangat membosankan apalagi di sejarah adalah ilmu yang lebih bersifat imajinatif dengan membayangkan bagaimana kejadian masa lampau.

Di postingan ini saya harapkan agar suatu saat guru – guru sejarah lebih bisa memainkan suatu media, baik gambar, suara, ataupun video agar bisa menggugah ketertarikan siswa untuk lebih memilih sejarah sebagai pelajaran favorit bukan hanya pelajaran formalitas di daftar nilai siswa. Selain itu penulis juga menginginkan untuk bagaimana caranya menghadirkan suasana yang tidak ada di suatu tempat untuk dihadirkan di tempat tersebut.


EmoticonEmoticon