Monday, March 14, 2016

Pengertian, Latar Belakang, Tujuan serta Dampak Pelayaran Hongi

Sebelumnya di blog Idsejarah.net sudah membahas tentang bagaimana HaK Oktroi yang dimiliki VOC guna memperluas pengaruh kekuasaan dan menjaga sistem monopoli perdagangan di Indonesia tetap terjaga. Post kali ini masih akan membahas seputar apa yang dilakukan VOC, yaitu diterapkannya pelayaran hongi di Indonesia.

Latar Belakang Pelayaran Hongi
Sebelumnya kita ketahui bahwa VOC mempunyai hak untuk mengatur harga rempah – rempah dan komoditi dari masyarakat pribumi di Indonesia. VOC membeli rempah – rempah dengan harga murah sehingga membuat masyarakat pribumi yang menjual rempah – rempahnya ke VOC mengalami kerugian. Akibat adanya kerugian ini, beberapa kelompok pribumi seringkali menjual rempah – rempah tersebut kepada pedagang lain selain VOC melalui jalur laut. Dari sinilah VOC membuat adanya suatu pelayaran yang bertujuan untuk mengatur perdagangan rempah – rempah di laut. Pelayaran hongi berasal dari suatu pelayaran VOC yang menggunakan sebuah kapal yang berbentuk kura – kura. Lambat laun orang – orang menyebut pelayaran tersebut sebagai pelayaran hongi. Sejarah mencatat pada mencatat pada 1621 masyarakat Banda menentang adanya kebijakan VOC, kemudian Jan Pieterzoon Coen mengirimkan armada kapalnya untu menghancurkan masyarakat yang melawan. Selain itu Belanda juga menyingkirkan pedagang lain untuk lebih menguatkan posisinya di Indonesia diantaranya dengan menyingkirkan Inggris, Portugis dan Spanyol. Dengan pelyaran hongi tersebut, VOC memaksa pribumi untuk hanya menjual rempah – rempahnya ke VOC.

Pengertian Pelayaran Hongi
Pelayaran Hongi adalah suatu sistem keamanan VOC yang bertujuan menjaga, mengawasi serta mencegah adanya pelanggaran pedagang yang mencari rempah – rempah di nusantara.

Tujuan Pelayaran Hongi
  1. Mengawasi perdagangan monopoli oleh VOC 
  2. Mengawasi perdagangan rempah – rempah khususnya di Maluku 
  3. Memusnahkan produksi rempah – rempah yang berlebihan 
  4. Mempertahankan sistem monopoli 
Baca Juga : Hak Oktroi

Akibat dari Pelayaran Hongi
Pelayaran hongi mempunyai dampak yang lebih banyak merugikan ke pihak Indonesia. Dampak tersebut diantaranya :
  1. Kerugian para penjual rempah – rempah pribumi karen tidak bisa menjual ke pedagang lain selain VOC yang membelinya dengan harga murah. 
  2. VOC mendapat keuntungan berkali lipat 
  3. VOC perlahan mengetahui celah perdagangan laut yang dilakukan oleh pribumi 
  4. Bagi pribumi yang melanggar, mendapatkan hukuman berupa penyitaan barang dagangan dan yang terberat di bunuh oleh VOC


EmoticonEmoticon