Thursday, July 21, 2016

Alasan Mengapa Lukisan Mona Lisa Terkenal?

Mona Lisa adalah lukisan dari seorang pelukis terkenal bernama Leonardo Da Vinci pada abad ke-15. Lukisan Mona Lisa asli terdapat di Muzium Louvre, Paris, Prancis. Lukisan ini terkenal karena hasil seni dari lukisan ini bisa menunjukkan bahwa lukisan ini bernyawa. Lukisan ini dibuat dalam kurun waktu selama empat tahun. Lukisan ini memiliki kecacatan diantaranya adalah tidak adanya bulu kening serta latar belakang lukisan yang terlihat terlalu pudar.

Senyum dari Mona Lisa ini menyimpan misteri bagi semua orang yang melihatnya. Para akademik Jerman merasa mengetahui siapa sosok wanita yang ada dalam lukisan Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci ini. Ia adalah Lisa Gherardini, seorang istri dari pengusaha kaya Florence, Francesco del Giocondo, yang dianggap sebagai model dalam lukisan Mona Lisa. Namun berbeda dengan sejarawan seni yang menerka bahwa wanita yang tersenyum itu adalah kekasih da Vinci, ibunya atau artis itu sendiri.

Para pakar perpustakaan Universiti Heidelberg menyatakan bahwa model tersebut adalah Lisa del Giocondo berdasar pada catatan da Vinci dalam sebuah buku yang ditulisnya pada Oktober 1503. Identitas dari lukisan inipun akhirnya diungkap oleh Dr. Amin Schlecter, seorang pakar naskah kuno dari perpustakaan tersebut. Selain fakta tersebut juga ada catatan dari Agostino Vespucci seorang pejabat Florence serta sahabat dari da Vinci yang berujar bahwa da Vinci sedang menggarap tiga lukisan, salah satu dari lukisan tersebut adalah potret dari Lisa del Giocondo.


EmoticonEmoticon