Monday, August 1, 2016

Candi Sojiwan

Candi Sojiwan atau ada juga yang memanggil Sajiwan adalah salah satu dari banyaknya candi di Klaten. Candi ini terletak di Dukuh Kalongan, Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten yang berada pada ketinggian 146 - 150 mdpl. Candi ini dianggap sebagai candi sebaran dari Candi Prambanan karena letaknya yang tak jauh dari Candi Prambanan yaitu dua kilometer ke arah tenggara.

Candi ini memiliki luas yaitu 8.140 m persegi, diantaranya luas bangunan utama candi memiliki luas 401,3 m persegi sedangkan tinggi candi kurang lebih 27 m. Candi ini menghadap kearah barat. Terdapat dwarapala yang sudah rusak dan kini ditempatkan di pos penjagaan di komplek Candi Sojiwan. Pada bagian bawah candi terdapat ukiran relief kisah satwa Jataka sekitar 12 adegan mengelilingi dinding bawah candi. Cara membaca relief tersebut dengan membaca ke arah selatan (mapradaksina).

Pada tangga candi di sisi timur diapit arca makara, hanya satu yang masih utuh sedangkan yang satunya hilang. Pada atas pintu candi terdapat kalamakara. Pada tubuh candi sebenarnya terdapat relief berupa sulur - sulur, namun karena sebagian dari batu - batuan candi hilang maka dilakukan penggantian batu tersebut dengan batu lain yang masih polos. Relief yang ada di Candi Sojiwan dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yaitu Relief perkelahian dua pria, relief angsa dan kura - kura, relief burung garuda dan kura - kura, relief tikus dan ular, relief serigala dan wanita, relief raja dan putri seorang patih, relief gajah dan kambing, relief seorang manusia singa, relief banteng dan serigala, relief kinara dan terakhir relief singa dan banteng.

Sebagian dari penemuan berupa arca Buddha atau boddhisatwa disimpan di pos penjagaan. Pada bagian atap candi terdapat tiga tingkatan stupa. Pada bagian puncak candi adalah satu stupa yang paling besar.

Peta Candi Sojiwan


EmoticonEmoticon