Friday, August 19, 2016

Candi Wangkal

Candi Wangkal terletak di Desa Wangkal, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Candi ini sudah terdaftar dalam cagar budaya Sidoarjo. Candi ini lebih mirip pecahan batu dan berbeda pada candi - candi pada umumnya. Bentuk candi ini sangat kecil dan berada pada daerah persawahan. Candi ini tersusun dari dari batu besar yang berwarna hitam, dan pada sisi batu tersebut terdapat batukecil yang berwarna merah, dan pada bagian bawah terdapat tumpukan batu bata yang masi tertimbun di dalam tanah.

Candi Wangkal ditemukan oleh seorang penggali tanah yang digunakan untuk batu bata. Ketika istirahat di tempat kerjanya ia tertidur. Seorang tersebut bernama Bapak Manu (Pencari Batu Bata) bermimpi ada seseorang yang menyuruhnya bangun dari tidur dan bergegas menggali tanah sampai menemukan sebuah benda. Dilakukanlah mimpi itu dan ketika menggali tanah sampai rata, terlihatlah batu besar berbentuk persegi panjang. Pada bagian samping batu tersebut ada batu bulat yang berdampingan serta saling menjaga. Konon di dalam batu - batu tersebut ditemukan sebuah keris yang sekarang disimpan di Museum Nasional.

Candi Wangal memiliki fungsi sebagai tugu yang berbentuk persegi atau prisma. Candi Wangkal memiliki ukuran panjang 1,5 meter serta luas lahn 12 meter dan belum diketahui secara pasti berapa tingginya karena sebagian masih tertimbun di dalam tanah dan hanya bagian atas yang terlihat. Informasi yang didapat pada candi ini sangat minim, namun candi ini memiliki lubang pintu yang diyakini berda di dalam tanah.


EmoticonEmoticon