Sejarah Perkembangan Komputer

Tahukah kamu bahwa komputer maupun laptop yang kita pakai saat ini, dahulu berukuran puluhan kali lebih besar? Komputer maupun laptop yang kamu pakai saat ini merupakan hasil dari perkembangan, upgrade atau pembaruan dari berbagai jenis baik software maupun hardware. Nah berikut akan dibahas mengenai sejarah komputer dari masa ke masa, dari yang beratnya ber ton - ton hingga menjadi cuma beberapa kilo. Simak baik - baik ya

Komputer Generasi Pertama
ENIAC merupakan komputer generasi pertama dengan berat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2.4 m. Untuk menghidupkannya memerlukan daya listrik hingga 174 kilowatts. Komputer ini menggunakan tabung hampa udara (vacuum tube) yang terbuat dari kaca untuk memperkuat sinyal. Namun, tabung hampa udara tersebut memiliki kekurangan diantaranya mudah pecah dan mudah menyalurkan panas. Komputer generasi pertama memiliki ciri - ciri sebagai berikut :
  1. Lebih cepat mengeluarkan panas
  2. Menggunakan komponen tabung hampa udara (vacuum tube)
  3. Program dasar dibuat dalam bahasa mesin (machine language) dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu yang ada di memori komputer.
  4. Untuk menghidupkannya membutuhkan daya yang cukup besar
  5. Kapasitas penyimpanan data sangat kecil bila dibandingkan dengan media penyimpanan data masa sekarang.
  6. Kecepatan processor terbilang lambat
  7. Ukurannya yang besar membuat komputer ini membutuhkan ruangan yang besar pula
  8. Hanya bisa menjalankan aplikasi berbasis bisnis
Komputer Generasi Kedua
Seorang fisikawan yang bekerja di Bell Telephone Laboraties bernama Walter Houser Brattain, John Bardeen dan William Bradford Shocley menemukan sebuah penemuan berupa transitor dari material semi konduktor pada tahun 1948. Transitor ini kemudian digunakan untuk mengganti bagian tabung vakum di komputer, televisi dan radio. Penemuan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. 

Pada periode 1960-an lahir komputer generasi kedua dengan pembaruan berupa transistor yang menggantikan tabung hampa udara. Hal ini kemudian mempengaruhi komponen ukuran mesin lain. Transitor mulai digunakan mulai tahun 1956. Penemuan lain yaitu berupa pengembangan inti - magnetik yang kemudian semakin memperkecil ukuran komputer, lebih cepat, dan lebih hemat energi bila dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Berikut ini adalah ciri - ciri komputer generasi kedua :
  1. Terdapat pembaruan bahasa pemrograman yaitu menggunakan FORTRAN, COBOL, ALGOL yang merupakan bahasa pemrograman yang lebih tinggi daripada komputer generasi pertama.
  2. Kapasitas penyimpanan lebih besar
  3. Sirkuit berupa transitor
  4. Ukuran relatif lebih kecil dari pada generasi pertama
  5. Konsumsi daya tidak sebanyak generasi pertama
  6. berorentasi pada bisnis dan teknik
  7. Proseccor mengalami pengembangan sehingga lebih cepat daripada sebelumnya

Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga muncul pada sekitar era 1965 - 1971an dengan perkembangan yang sangat pesat. Transistor dianggap tidak lagi efisien dan diganti dengan batu kuarsa (Quartz Rock). Seorang insinyur dari Texas bernama Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. Hal ini sangat mendongkrak kemunculan komputer generasi baru yang lebih efisien.

Komputer Generasi Keempat
Setelah penemuan IC, perkembangan komputer semakin pesat. Pada periode 1971, chip Intel 4004 membawa kemajuan pada bidang IC. Intel melakukan kemajuan dengan memasukkan processor, memori dan input output kedalam sebuah chip yang sangat kecil. Pada masa sebelumnya, penggunaan komputer hanya sebatas bisnis, namun pada masa ini penggunaan komputer bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih banyak sesuai apa yang diinginkan si pengguna. Berikut ini adalah ciri - ciri komputer generasi keempat :
  • Ditemukannya chip yang kemudian memperingkas hardware komputer
  • Pada generasi ini sudah memakai Large Schale Integration (LSI)

Komputer Generasi Kelima
Komputer yang saat ini kita pakai adalah komputer generasi kelima yang ditandai dengan penggunaan Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan ribuan microproccesor ke dalam sebuah microproccesor. Kemunculan generasi kelima juga ditandai dengan keluarnya microproccesor dan semi conductor. Beberapa perusahaan yang mengembangkan microproccesor diantaranya Intel Corporation, Motorolla, Zilog, AMD dan lain - lain. Di pasaran komputer kita bisa menemukan beberapa jenis procceor diantaranya Pentium, Intel Core, dan AMD. Hingga saat ini komputer masih terus dikembangkan dan semakin kedepan akan semakin ramping dengan tenaga yang terbilang lebih kencang daripada pendahulunya.

Blogger
Disqus

No comments