Perang Dunia II

Masa Awal Perang Dunia II
Perang Dunia II merupakan perang lanjutan dari Perang Dunia I yang berlangsung dari tahun 1939 hingga tahun 1945. Sekitar 55 juta korban jatuh dalam Perang Dunia II ini. Tercatat, PD II merupakan perang yang terbesar dan paling destruktif sepanjang masa.

Jerman mengobarkan PD II  pada tanggal 1 September 1939 dengan menginvasi Polandia. Inggris dan Prancis merespon dengan menyatakan perang kepada Jerman. Pada musim semi tahun 1940, Jerman menginvasi Eropa. Uni Soviet mengikuti langkah Jerman dengan menduduki negara - negara Baltik pada bulan Juni 1940.

Italia sebagai anggota dari blok poros (negara sekutu Jerman), ikut terjun dalam perang pada tanggal 10 Juni 1940. Dari tangal 10 Juli hingga 31 Oktober 1940, Nazi Jerman terlibat perang udara di langit Inggris, Nazi memenangkan perang tersebut dan Inggris harus mengakui kemenangan Nazi Jerman. Perang ini kemudian terkenal dengan Pertempuran Britania.

Setelah berhasil menguasai wilayah Balkan dengan menginvasi negara Yugoslavia dan Yunani pada tanggal 6 April 1941, Jerman dan blok Poros menginvasi Uni Soviet pada tanggal 22 Juni 1941. Berarti Jerman telah melanggar Pakta Jerman - Soviet yang sebelumnya telah disepakati antara kedua belah pihak.

Perang Dunia II
Pada bulan Juni dan Juli 1941, Jerman menguasai wilayah negara - negara Baltik. Pemimpin Soviet, Josetph Stalin kemudian memihak kepada Sekutu dan memimpin Sekutu untuk melawan Jerman dan blok Poros. Selama musim panas dan musim gugur tahun 1941, Jerman semakin merangsek ke Uni Soviet. Uni Soviet melancarkan serangan balasan pada tanggal 6 Desember 1941.

Keesokan harinya, tanggal 7 Desember 1941, Jepang yang merupakan anggota dari blok Poros di Asia melakukan serangan ke Pearl Harbor. Kekaisaran Jepang memang sebelumnya memiliki hasrat menguasai wilayah Asia Timur. Bahkan sebelumnya Jepang telah menginvasi Cina pada tahun 1937. Dengan penyerangan ke pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, Jepang tidak sadar bahwa ia telah membangunkan kekuatan besar di dunia. Dengan diserangnya Pearl Harbor, Amerika Serikat kemudian terjun ke PD II dan bersekutu dengan kekuatan besar lain, Inggris dan Uni Soviet.

Pada bulan Mei 1942, Angkatan Udara Kerajaan Inggris menyerang Kota Cologne di Jerman dengan melakukan pengeboman dan untuk pertama kalinya warga sipil Jerman menjadi korban dalam PD II. Tiga tahun berikutnya, angkatan udara Sekutu melakukan serangan secara bertubi - tubi ke pabrik dan kota di Reich, hingga pada tahun 1945 kota - kota di Jerman hanya tersisa puing - puing bangunan.


Di front timur, selama musim panas tahun 1942, Jerman dan blok Poros melakukan penyerangan ke Uni Soviet dengan tujuan merebut Stalingrad di Sungai Volga serta kota Baku dan ladang minyak Kaukasia. Stalingrad jatuh ke tangan blok Poros. Serangan Jerman terhenti pada medan tersebut hingga akhir muim panas 1942.

Pada bulan November, Uni Soviet melakukan serangan balasan dengan menyerang Stalingrad dan pada tanggal 2 Februari 1943, Angkatan Darat ke enam Jerman menyatakan menyerah kepada Uni Soviet. Jerman melakukan serangan sekali lagi ke Kursk pada bulan Juli 1943 yang merupakan perang tank terbesar dalam sejarah, pada perang tersebut Jerman harus mengakui kekalahannya dan Uni Soviet memegang dominasi militer selama masa peperangan.

Pada bulan Juli 1943, Sekutu melakukan pendaratan di Sisilia, Italia dan pada bulan September merapat di pantai daratan utama Italia. Setelah Dewan Agung Partai Fasis Italia melepaskan jabatan perdana menteri Italia, Benito Mussolini (sekutu Hitler), militer Italia mengambil alih dan melakukan negosiasi untuk menyerah kepada pasukan Anglo-Amerika pada tanggal 8 September 1943. Pasukan Jerman yang ditugaskan di Italia kemudian merebut hampir separuh wilaya Peninsula bagian utara dan melakukan perlawanan.

Mussolini yang ditangkap oleh militer Italia, diselamatkan oleh komando SS Jerman pada bulan September dan selanjutnya mendirikan rezim boneka Neo-Fasis (dibawah pengawasan Jerman) di Italian Utara. Pasukan Jerman menguasai Italia hingga 2 Meri 1945.

Akhir PD II
Pada tanggal 6 Juni 1944, lebih dari 150.000 tentara Sekutu melakukan pendaratan di Prancis dan melakukan pembebasan Prancis pada akhir Agustus 1944. Pada tanggal 11 September 1944, pasukan Amerika Serikat memasuki Jerman, sebulan setelah pasukan Uni Soviet melintasi perbatasan timur.

Pada pertengahan Desember, Jerman melakukan serangan balasan dengan menyerang Belgia dan Prancis yang kemudian dikenal dengan Pertempuran Bulge, namun serangan Jerman mampu digagalkan. Angkatan udara Sekutu menyerang balik pabrik - pabrik industri Nazi seperti yang ada di kamp Auschwitz.

Pasukan Soviet melakukan penyerangan pada tanggal 12 Januari 1945 dan membebaskan Polandia barat serta memaksa Hungaria (anggota blok poros) menyerah. Pada pertengahan Februari 1945 Sekutu melakukan pengeboman ke Kota Dresden, Jerman, dan membunuh sekitar 35.000 warga sipil.

Pada tanggal 16 April 1945, pasukan Uni Soviet mengepung Berlin, ibu kota Jerman. Ketika Soviet menyerang ibu kota dan merangsek menuju Kekanseliran Reich pada tanggal 30 April 1945, Hitler bunuh diri. Tanggal 7 Mei 1945, Jerman menyerah tanpa syarat kepada Sekutu Barat di Reims dan pada tanggal 9 Mei kepada Soviet di Berlin. Pada bulan Agustus, Perang Pasifik berakhir setelah Amerika Serikat mengebom Hiroshima dan Nagasaki. Jepang menyerah kepada Sekutu pada 2 September 1945 tanpa syarat.





 Sumber : https://www.ushmm.org/wlc/id/article.php?ModuleId=10008000


Blogger
Disqus

No comments