Candi Pamotan 1 dan 2

Candi Pamotan terletak di Desa Pamotan, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Menurut warga sekitar Candi Pamotan difungsikan sebagai tempat untuk memuat padi sebelum dikirim ke Kerajaan Majapahit. Wilayah Candi Pamotan memang merupakan area yang menghasilkan hasil bumi dengan tanah yang subur dan terkenal dengan padinya. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang terlihat dari bentuk bangunannya. Kini Candi Pamotan masuk dalam cagar budaya oleh pemerintah Sidoarjo.

Candi Pamotan 1 dikelilingi oleh kolam yang diberi ikan mas oleh penduduk sekitar. Candi Pamotan 1 berukuran panjang 4,8 m, lebar 4,8 m, dan tinggi 2,5 m. Bagian atas candi runtuh total dan hanya tersisa bagian dasar candi. Yang nampak hanya tumpukan batu bata merah yang dikelilingi lubang persegi panjang yang tergenang jika terjadi hujan.
Candi Pamotan 1

Candi Pamotan 2 atau masyarakat mengenal dengan nama Candi Keramat terletak tak jauh dari Candi Pamotan 1 yaitu berjarak 50 meter dimana terdaat arca tanpa kepala. Kondisi Candi Pamotan 2 tak terawat, banyak lumut dan bahkan sering terkena banjir. Candi ini berada di bawah pohon bambu yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Kedua candi ini dalam keadaan tidak terurus sehingga situs ini belum ramai dikunjungi oleh masyarakat.
Candi Pamotan 2


Blogger
Disqus

No comments