Candi Tawangalun

Candi Tawangalun atau dikenal juga dengan nama Candi Sumur Windu terletak di Desa Buncitan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Berbeda dengan candi – candi lain yang ada di Jawa Timur yang umumnya berada pada pemukiman penduduk, Candi Tawangalun berada di area perbukitan. Hingga kini, Candi Tawangalun masih difungsikan sebagai tempat untuk ritual – ritual pengantin, hari – hari besar dan setiap malam purnama banyak seniman yang menenangkan diri dan mencari inspirasi disini.

Candi Tawangalun didirikan pada tahun 1292 M pada masa Raja Brawijaya II (Resi Tawangalun). Terdapat kisah romantisme dalam pendirian candi ini dari tutur kata masyarakat sekitar. Candi Tawangalun dianggap sebagai monumen milik warga asli Desa Buncitan. Mereka percaya bahwa cikal bakal dusun di tengah tambak tempat berdirinya Candi Tawangalun berawal dari candi ini. Setiap 1 Syuro warga beramai – ramai melakukan tasyakuran di kompleks Candi Tawangalun.
Diperkirakan fungsi dari candi ini adalah candi pendarmaan. Candi Tawangalun berbahan dasar batu bata dengan kondisi saat ini yang sangat mengenaskan. Dari bahan dasar batu bata ini diperkirakan Candi Tawangalun berasal dari masa Majapahit. Meskipun sudah berusia ratusan tahun batu bata di Candi Tawangalun tidak satupun yang mengalami kerusakan. Bahkan tim kepurbakalaan Trowulan juga heran ketika meneliti batu bata Candi Tawangalun.


Blogger
Disqus

No comments