Pengaruh Hindu Buddha dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia

Pengaruh masuknya Hindu Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia :

1. Bidang Agama
Sebelum ajaran Hindu Buddha masuk ke Indonesia, masyarakat pribumi menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Namun, setelah Hindu Buddha masuk ke Indonesia, kepercayaan animisme dan dinamisme tidak sepenuhnya ditinggal melainkan bercampur (akulturasi) diantara keduanya. Hal ini dapat dilihat pada pemujaan dewa - dewa dan roh nenek moyang yang berbeda dengan yang dilakukan di negara India, negara asal Hindu Buddha.

2. Bidang Politik / Pemerintahan
Sebelum Hindu Buddha masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia menganut sistem kesukuan atau kelompok - kelompok yang dipimpin oleh kepala suku. Namun setelah Hindu Buddha masuk ke Indonesia, kepala suku diganti menjadi raja yang dianggap keturunan dewa yang memiliki kekuatan, suci dan hampa. Hal tersebut tentunya memperkuat kedudukan raja untuk memerintah wilayah kerajaan secara turun temurun.

3. Bidang Sosial
Setelah Hindu Buddha masuk ke Indonesia, tata kehidupan masyarakat Indonesia pun berubah. Pada masyarakat pribumi saat Hindu masuk pribumi diperkenalkan sistem kasta dan dalam masyarakat Buddha diperkenalkan golongan biksu dan biksuni.

4. Bidang Arsitektur
Pengaruh Hindu Buddha terlihat pada arsitektur bangunan candi. Dapat dilihat pada unsur punden berundak pada Candi Borobudur yang merupakan pengaruh dari kebudayaan Indonesia.

5. Bidang Seni Rupa / Lukis
Pengaruh Hindu Buddha terlihat pada seni arsitektur relief Borobudur, dimana penggambaran relief cerita Sang Buddha Gautama pada relief Borobur lebih menggambarkan alam Indonesia dari pada India.

6. Bidang Bahasa
Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia meninggalkan prasasti - prasasti berhuruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. Bahasa Sansekerta tersebut kemudian berkembang dan berakulturasi dengan bahasa lokal seperti bahasa Melayu, bahasa Jawa kuno, dan bahasa - bahasa lain di Indonesia. Kalimat - kalimat serapan dari bahasa Sansekerta diantaranya Pancasila, Dasa Dharma, Kartika Eka Paksi, Parasamya Purnakarya Nugraha, dsb.

7. Bidang Sastra
Berkembangnya pengaruh India di Indonesia membawa kemajuan besar pada bidang sastra. Kisah - kisah terkenal seperti Kitab Ramayana dan Mahabarata mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak masuknya Hindu dan Buddha. Kemunculan kitab - kitab tersebut memacu para pujangga Indonesia untuk menghasilkan karya sendiri. Karya - karya pujangga Indonesia diantaranya :
  • Arjunawiwaha, karya Mpu Kanwa
  • Sotasoma, karya Mpu Tantular
  • Negarakertagama, karya Mpu Prapanca
8. Bidang Astronomi
Pengaruh astronomi pada agama Hindu Buddha yang masuk ke Indonesia terlihat pada sistem kalender. Indonesia mengadopsi sistem Saka yang digunakan di India. Disamping itu ada pula sistem Candra Sengkala pada bangunan peninggalan Hindu Buddha.


Blogger
Disqus

No comments