Pengertian Abris Sous Roche dan Kjokkenmoddinger dan Fungsinya

Rahmad Ardiansyah

Abris Sous Roche

Abris sous roche adalah gua yang memiliki bentuk ceruk pada karang dan digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia purba pada masa mesolitikum. Dari kebudayaan Abris sous roche ini menunjukkan adanya pola hunian yang menetap di gua – gua. Kebudayaan Abris sous roche di Indonesia diteliti oleh van Stein Callenfels di Gua Lawa, Sampung Ponorogo, pada tahun 1928 – 1931. Penemuan tersebut kemudian dikenal sebagai Sampung Bone Culture yang didasarkan pada tempat dan penemuan alat – alat prasejarah yang terbuat dari tulang.

Penemuan tersebut kemudian memunculkan peneliti – peneliti lain yang melakukan penelitian pada objek Abris sous roche, diantaranya :

  1. Van Heekeren
    Van Heekeren melakukan penelitian di daerah Besuki (Jawa Timur) dan menemukan kapak Sumatra dan kapak – kapak pendek disasa.
  2. Alfred Buhler
    Alfred Buhler melakukan penelitian di daerah Timor dan Rote serta menemukan Flakes Culture dari Kalsedon yang memiliki tangkai yang diperkirakan merupakan peninggalan dari bangsa Papua Melanesoid

Kjokkenmoddinger

Kata Kjokkenmoddinger berasal dari bahasa Denmark yaitu Kjokken yang berarti dapur dan modding yang berarti sampah. Kjokkenmoddinger dapat dikatakan sebagai sampah dapur. Kjokkernmoddinger adalah tumpukan sampah kerang yang telah menggunung dengan ketinggian 7 meter dan berasal dari masa Mesolitikum yang ditemukan oleh Dr. P. V. van Stein Callenfels pada tahun 1925 di sepanjang pantai timur Pulau Sumatera dari Aceh hingga Medan.

Dari penemuan ini kemudian memunculkan dugaan bahwa manusia zaman dulu mengandalkan makanan dari hasil tangkapan siput dan kerang. van Stein selain meneliti Kjokkenmoddinger juga menemukan benda – benda peninggalan lain diantaranya batu penggilingan beserta pipisannya, kapak genggam serta pecahan – pecahan tengkorak dan gigi.

Bagikan:

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah