Memanfaatkan Google Classroom dalam Pembelajaran

Google Classroom merupakan aplikasi pendukung pembelajaran secara online yang dibuat oleh Google. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis dan dimanfaatkan oleh para developer e-Learning profesional atau online educators yang telah memiliki Google Apps for Education. Google Classroom dianggap sebagai salah satu gerakan pendukung pengurangan pemanfaaatan kertas serta menjadikan pemusatan bahan - bahan pembelajaran pada suatu tempat berbasis Cloud Storage.

Berikut adalah manfaat dari Google Classroom :
  • Mudahnya Persiapan
    Pendidik dapat menambahkan siswa secara langsung atau menggunakan kode dengan kelasnya untuk bergabung
  • Hemat Waktu
    Alur kerja tugas tanpa kertas memungkinkan pendidik membuat, memeriksa, atau menilai tugas dengan cepat.
  • Meningkatkan Kedisiplinan Siswa
    Siswa dapat melihat semua tugasnya di laman tugas serta semua materi pembelajaran dapat disimpan dalam folder di Google Drive
  • Terjangkau dan Aman
    Google Classroom tidak mendukung iklan, semuanya gratis untuk kegiatan pembelajaran. 
Google Classroom dapat diakses melalui komputer maupun ponsel dengan segala browser. Google Classroom juga dapat diunduh di playstore dengan keyword "Google Classroom" baik di android maupun iOS. Berikut ini merupakan salah satu Sistem Manajemen Pembelajaran menggunakan Google Classroom.
  • Pengajar dapat memberikan dokumen kepada siswa secara langsung dan juga mendistribusikan file ke pengembang konten online lainnya.
  • Pengajar dapan mengshare artikel, video, situs serta referensi lain terkait pembelajaran.
  • Data dapat dikumpulkan dari siswa secara online supaya memudahkan menerima feedback pelajar dan informasi pribadi yang mampu meningkatkan pengalaman e-Learning secara keseluruhan.
Kekurangan dari aplikasi ini adalah siswa diharuskan menggunakan laptop, tablet, smartphone, dan gadget dan harus terkoneksi dengan internet. Maka dari itu pengajar harus mempertimbangkan hal tersebut.
Blogger
Disqus

No comments