Kegunaan Sejarah

Selain menjadikan seseorang menjadi lebih bijaksana, dengan belajar sejarah kita akan mendapat beberapa kegunaan diantaranya :
  1. Guna edukatif yaitu memberikan pelajaran dan mendidik seseorang, masyarakat, atau suatu bangsa sehingga dapat bercermin dari peristiwa lampau sebagai suatu keberhasilan atau kegagalan. Dengan belajar sejarah kita dapat meneruskan apa yang menjadi nilai positif peristiwa pada masa lampau dan menghindari nilai - nilai negatif yang terjadi pada masa lampau.
  2. Guna instruktif yaitu memberikan suatu pengetahuan atau keterampilan tertentu seeprti dengan belajar sejarah kita akan tahu tentang navigasi yang digunakan pelaut pada masa lampau.
  3. Guna inspiratif yaitu memberikan ilham dan semangat, serta menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme. Dengan membaca biografi tokoh besar maka kita dapat terinspirasi akan kehidupannya. Dari sinilah kita akan mendapat sisi positif yang akan kita terapkan pada kehidupan kita.
  4. Guna rekreatif yaitu memberikan kesenangan (hiburan) estetika karena bentuk, susunan, kronologi, alur kisah serta bahasanya yang indah. Dengan mempelajari sejarah kita akan dapat berselancar dalam suatu kejadian masa lampau. Mampu membayangkan bagaimana kejadian pada masa lampau dan seolah ikut serta dalam peristiwa tersebut.
Blogger
Disqus

No comments