Peradaban Mikenai (1600-1100 SM)

Peta Mikenai (Mycenae)
Peradaban Mikenai merupakan peradaban yang berkembang di wilayah Peloponesia, Yunani selatan sekitar tahun 1600 – 1100 SM. Athena, Pylos, Thiva, Tiryns adalah situs dari peradaban Mikenai yang dianggap penting. Orang – orang Mikenai dikenal dengan nama bangsa Akia. Peradaban Mikenai berawal dari datangnya beberapa suku ke daratan utama Yunani sekitar 2000 SM. Suku – suku ini kemudian bersatu dan membentuk polis – polis pada tahun 1600 SM.

Kota – kota utama di Mikenia diantaranya Mikenia dan Tyrins yang berada di Argolis, Pylos di Messenia, Athena di Attica, Thebe dan Orchomenus di Boeotia, serta Lolkos di Thessaly. Dalam kitab Illiad dan Odysseia salah satu sekutu dekat Kerajaan Mikenai di Yunani selatan adalah Kerajaan Sparta; Menelaus, raja Sparta, adik dari Argamemnon, raja Mikenai.

Tidak seperti bangsa Minoa yang berkembang dari perdagangan, bangsa Mikenai berkembang dari penaklukan. Banyak harta dan rampasan yang didapatkan dari penaklukan. Penaklukan atas Troya dianggap sebagai penaklukan yang legendaris (baca : Perang Kuda Troya). Belajar dari penaklukan bangsa – bangsa lain, orang – orang Mikenai menekankan pentingnya membangun pertahanan yang kuat. Mereka membangun benteng dengan dinding setinggi 12 sampai 15 meter yang disusun dari batu besar dengan berat bertonton, yang disatukan tanpa perekat. Benteng di Tirins dan Mikenai merupakan contoh benteng terbaik.

Seni Mikenai, seperti pada peradabannya, dipengaruhi oleh seni bangsa Minoa. Seni Mikenai umumnya berupa tembikar, patung dan lukisan. Bangsa Mikenai juga memiliki kemampuan yang tinggi dalam membuat barang – barang dari perunggu seperti pedang, perisai, dan baju pelindung. Peradaban Peloponesia ini runtuh sekitar 1100 SM akibat invasi bangsa Doria, salah satu bangsa terbesar yang membentuk peradaban Yunani Kuno selain Aeolia, Akaia, dan Ionia. Sumber lain menyebutkan bahwa kehancuran Peradaban Mikenai disebabkan oleh: (i) bencana alam dalam bentuk letusan gunung berapi, (ii) bencana kekeringan, atau (iii) serbuan Orang Laut yang bermukim dan menguasai Laut Aegea. Namun, bukti – bukti arkeologis memperkuat teori invasi Doria.

Periode sejak dimulainya kekuasaan Doria atas Yunani hingga beberapa abad setelahnya dinamakan Zaman Kegelapan Yunani (1200 – 800an SM).
Blogger
Disqus

No comments