Organisasi OPEC


OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) merupakan organisasi negara - negara pengekspor minyak. Organisasi ini didirikan pada tanggal 14 September 1960 oleh lima negara yaitu Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi dan Venezuela setelah diselenggarakannya Konferensi Baghdad 10-14 Agustus 1960. Markas OPEC semula berada di Jenewa (21 Januari 1961-Agustus 1965) yang kemudian dipindah ke Wina. Pada awalnya OPEC bertujuan menjaga stabilitas harga minyak internasional demi negara - negara anggota OPEC sendiri.

Tujuan OPEC
OPEC bertujuan mempertahankan harga minyak dan menentang aksi penurunan harga minyak secara sepihak oleh perusahaan minyak besar yang disebut The Seven Mayor seperti Exxon, Texaco, Socal, Gulf, British Petroleum, Shell. Perusahaan - perusahaan tersebut berasal dari negara - negara besar seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman Barat dan Jepang. OPEC berusaha menentukan harga sendiri dengan menyelaraskan jumlah produksi minyak dipasaran dunia.

Anggota - Anggota OPEC
OPEC terdiri dari negara - negara pengekspor minyak. Pada masa awal pendiriannya, OPEC beranggotakan Irak, Iran, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela (September 1960, negara pendiri). Pada perkembangannya, anggota OPEC semakin bertambah diantaranya Qatar (Desember 1960), Libya dan Indonesia (Desember 1962), Uni Emirat Arab (November 1967), Aljazair (Juli 1969), Nigeria (Juli 1971) dan Ekuador (November 1973) yang semuanya berstatus sebagai anggota penuh, serta Gabon (Desember 173) dengan status sebagai peninjau (associate member).

Syarat untuk masuk menjadi anggota OPEC diantaranya :
  • Negara yang bersangkutan secara substansial merupakan pengekspor minyak mentah.
  • Secara fundamental mempunyai kepentingan yang sama dengan negara - negara (yang sudah menjadi) anggota.
  • Disepakati oleh mayoritas angota OPEC.
Blogger
Disqus

No comments