Monday, January 18, 2016

Militer dan Soeharto

Militer pada masa Soeharto sangat berpengaruh dalam masa pemerintahannya. Pada masa pemerintahan Soeharto militer sangat difasilitasi kebutuhannya, hal itu bertujuan untuk menguatkan angkatan atau militer. Militer sangat mendukung masa pemerintahan Soeharto, karena doktrin Soeharto kepada militer sangat kuat. Bukan hanya itu saja, pada masa pemerintahan Soeharto militer sangatlah kuat, seperti halnya mempertahankan Timor-Timur. Kekuatan utama militer pada saat itu lebih didominasi oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Pada masa pemerintahan Soeharto militer juga memberikan dukungan penuh terhadap pemerintahan Soeharto. Hal itu dibuktikan pada masa setelah PKI 1965, pada saat itu militer sangat tunduk patuh terhadap pemerintahan Soeharto. Karena pada masa itu Soeharto yang membantu penumpasan peristiwa G30S/PKI yang menggugurkan tujuh pahlawan revolusi. Bukan hanya itu saja, setelah peristiwa itu Soeharto diangkat menjadi Mayor Jendral Besar TNI-AD. Maka dengan itu Soeharto makin kuat kekuasaannya dan para anggota militer makin memberikan dukungan kepada Soeharto. Dengan seperti itu militer mempunyai perlindungan penuh dari presiden pada masa itu. Hubungan antara militer dan Soeharto bukan hanya terjadi pada masa G30S/PKI saja, namun diluar hal itu juga terjalin cukup baik. Bahkan sampai saat ini juga Soeharto namanya masih harum didalam militer, terutama namanya masih harum dan akan tetap harum di hati para TNI-AD karena Mayor Jendral Besar mereka atau panutan mereka adalah Presiden Soeharto. Karena pada masa pemerintahan Soeharto dulu yang mendapat pengaruh paling besar juga para anggota TNI-AD, karena bagaimanapun juga Soeharto namanya menjadi besar juga atas TNI-AD.

Masa pemerintahan Soeharto juga memberikan kekuatan tersendiri bagi militer, kekuatan untuk menghadapi musuh besar dari bangsa barat. Jika kekuatan militer itu diperbaiki maka akan dengan sendirinya militer atau keadaan bangsa Indonesia menjadi terlindungi karena dengan diperkuatnya angkatan dari semua angkatan atau militer pada masa pemerintahan Soeharto sangat kuat. Bukan hanya itu saja, pemerintah Soeharto mempunyai alasan tersendiri mengapa beliau memprioritaskan militer pada masa pemerintahannya. Karena kalau militer kuat, otomatis semua akan aman, karena kekuatan utama Indonesia ada pada militer. Maka dari itu alasan Soeharto untuk memperkuat militer sangatlah tepat.


EmoticonEmoticon