Wednesday, December 30, 2015

Candi Sari Sleman


Sleman adalah salah satu dari sekian kabupaten di daerah Jogja dan Jawa Tengah yang memiliki candi - candi di kawasan tersebut. Yang akan kita bahas kali ini adalah candi sari. Candi yang sekilas sangat mirip dengan candi plaosan yang ada di Klaten ini secara administratif berada di dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman. Anda bisa klik link berikut untuk peta di google plus http://bit.ly/1RRdBpS

candi sari 
Candi ini dibangun pada abad ke 8 masehi dan hampir bersamaan dengan candi kalasan. Pendapat ini berdasar pada adanya bajralepa (semen kuno yang berfungsi melindungi candi dari lumut dan jamur). Keunikan dari segi arsitektur candi ini adalah bangunan yang bertingkat yang mirip dengan candi plaosan. Saat ditemukan pertama kali candi ini dalam kondisi rusak. Pemugaran pertama dilakukan pada 1923 sampai 1930 dalam kondisi slasar, jaladwara, dan stupa belum sempurna dan tidak terpasang dengan alasan sisa - sisanya telah hilang. 

Konstruksi candi bisa dilihat memiliki relief di dinding candi dan memiliki dua lantai, relief tersebut berjumlah 38 yaitu 8 di sisi timur 8 di sisi utara 8 di sisi selatan dan 14 di sisi barat. Dahulu diperkirakan ada sekat di dua lantai tersebut yang sekarang sudah tidak ada menggunakan kayu. Ruangan yang ada di candi ini ada tiga ruangan. Kemungkinan dahulu juga ada patung budha yang diapit oleh bodhisatwa.  



EmoticonEmoticon