Sunday, March 13, 2016

Medusa, Makhluk Mitologi Yunani

Medusa atau dalam bahasa Yunani bernama Medousa yang berarti penjaga atau pelindung adalah bertugas menjaga kuil Athena. Medusa mempunyai paras yang cantik yang di incar para laki-laki bahkan dewa. Karena paras cantiknya itu, Medusa menyombongkan diri. Atas kecantikan Medusa, Poseidon dewa lautan bernafsu dan memperkosanya. Atas perbuatannya ini Athena menghukum Medusa dengan mengutuk Medusa berambut ular.

Siapapun yang menatap wajah medusa akan menjadi batu. Medusa dibunuh oleh Perseus putra dari Zeus (dalam film Clash of The Titan) dengan memenggal kepalanya yang kemudian digunakan Athena sebagai senjata dan ditempelkan di sebuah perisai.

Baca Juga : Zeus Dewa Olimpus

Tiga Gorgon bersaudari
Medusa adalah satu dari tiga saudara yaitu Medusa, Stheno dan Euryale putri dari dewa laut kuno Phorcys dengan adiknya yang bernama Ceto. Dalam cerita mitologi, Stheno dan Euryale adalah makhluk abadi sedangkan Medusa tidak. Oleh karena itu medusa bisa dibunuh oleh Perseus.

Dalam cerita lain, Medusa adalah seorang penghuni kuil di Athena yang berwajah cantik hingga Poseidon terpikat dan memperkosanya. Atas perbuatannya Medusa di kutuk menjadi monster perempuan, rambutnya berubah menjadi ular. Dalam sebuah cerita Medusa dan kedua saudaranya yang berubah menjadi monster menjadi ancaman di seluruh Yunani. Sudah banyak orang berusaha memusnahkannya namun tidak berhasil. Suatu saat seorang raja dari Seriphus bernama Polydectes meminta Perseus untuk mengalahkan Medusa dan memenggal kepalanya. Perseus yang dibekali perlengkapan dari dewa berangkat dengan peralatan perisai pemberian Athena, pedang pemberian dari Hephatus, helm kegelapan dari Hades serta sendal bersayap dari Hermes.


Persesus membunuh Medusa di sarang Gorgon ketika Medusa tertidur. Ia melihat dari perisai pemberian Athena dan seketika memenggal kepalanya. Saat itu Medusa sedang mengandung anak dari Poseidon yaitu Pegasus dan Chysaor. Saat itu pula kedua anak tersebut terlahir.


Setelah membunuh Medusa, kedua saudaranya Medusa datang mendekat. Perseus seketika melarikan diri dengan menggunakan sendal pemberian dewa. Kepala Medusa kemudian diberikan ke Athena untuk selanjutnya di jadikan senjata dengan menaruhnya di sebuah perisai.


EmoticonEmoticon