Klenteng Sam Poo Kong

Sam Poo Kong merupakan salah satu bangunan bersejarah di Semarang. Bangunan sejarah lain di Semarang yaitu Kota Lama, Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan lain - lain. Bangunan ini disebut bersejarah karena konon di tempat ini lah Laksamana Cheng Ho mendarat pertama kali di daerah Semarang. Klenteng ini juga disebut sebagai Gedung Batu karena terdapat sebuah gua batu besar yang terletak di sebuah bukit berkomposisikan batu terletak di daerah Simongan.

Warna merah yang mendominasi klenteng ini serta lampion - lampion juga menghiasi bangunan Sam Poo Kong menjadikan bangunan Sam Poo Kong seakan membawa wisatawan berpindah ke daratan China. Sekarang tempat ini digunakan untuk tempat pemujaan, serta persembahyangan padahal dahulu Cheng Ho dikenal sebagai seorang muslim. Cheng Ho dianggap seorang dewa oleh mereka yang menyembahnya. Oleh orang - orang Kong Hu Cu atau Tau menganggap bahwa Cheng Ho yang sudah meninggal dapat memberi pertolongan kepada mereka.

Menurut sejarahnya Cheng Ho mendarat di Semarang di tempat yang sekarang berdiri Sam Poo Kong sekitar tahun 1400-an. Pada tahun 1700-an, Sam Poo Kong pernah tertimbun longsor, namun penduduk membangunnya kembali. Kini di dalam ruangan goa terdapat patung Cheng Ho berlapis emas yang di puja dan digunakan untuk bersembahyang.

Di tempat tersebut pula terdapat klenteng Thao Tee Kong yang digunakan untuk pemujaan dewa bumi. Selain itu terdapat jangkar Cheng ho yang juga digunakan sebagai tempat pemujaan juru mudi kapal Cheng Ho. Ada juga tempat pemujaan Kyai Cundrik Bumi sebagai tempat penyimpanan persenjataan serta Kyai dan Nyai Tumpeng sebagai tempat yang mewakili penyimpanan bahan makanan.
Baca Juga : Sejarah Pasar Johar
Layaknya tempat persembahyangan, hanya orang - orang tertentu yang diperbolehkan memasuki tempat persembahyangan. Setahun sekali tepatnya pada tanggal 18 agustus di Sam Poo Kong dirayakan perayaan kedatangan Cheng ho dengan melakukan arak - arakan, bazaar serta festival barongsai. Selain itu diperingati pula Hari Imlek dan Kelahiran Cheng ho. Wisatawan di Sam Poo Kong ini bukan hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara terutama Cina, bahkan Amerika, Brazil, Rusia dan  negara lain.
Blogger
Disqus

No comments