Sejarah Berdirinya Perusahaan Xiaomi

Rahmad Ardiansyah

Xiaomi merupakan perusahaan swasta yang baru berdiri kurang dari 6 tahun dan merupakan kompetitor kuat yang akan menggulingkan perusahaan – perusahaan besar elektronik. Xiaomi dimiliki oleh swasta milik pribadi seorang berasal dari Tiogkok dan berkantor pusat di Beijing Cina. Berdiri pada 2010 Xiaomi menjadi perusahaan besar dan menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Tiongkok. Bahkan Xiaomi menjadi produsen paling laris ke tiga di dunia dalam penjualan smartphone. Berawal pada agustus 2011 awal Xiaomi merilis ponsel cerdas petamanya yang mendapat respon bagus di daratan Tiongkok Xiaomi yang dipimpin oleh Lei Jun memperluas pangsa pasar ke luar daratan Tiongkok. Lei Jun sendiri termasuk dalam orang ke 23 terkaya di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaannya kemudian berkembang pesat hingga sekarang memiliki saham lebih dari 10 miliar USD dan memiliki karyawan lebih dari 5000 karyawan dari berbagai negara. 

Pengambilan nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin yang memiliki arti Beras Kecil. Menurut Lei Jun sendiri nama Xiaomi memiliki arti sangat besar. Xiao berarti sebutir beras dalam konsep Buddha sama besarnya seperti Gunung dan Mi sendiri singkatan dari Mobile Internet atau juga bisa disebut Mission Imposibble karena pendirinya sendiri mendapatkan banyak masalah ketika mendirikan Xiaomi hingga terlihat mustahil untuk diselesaikan.

Baca Juga : Sejarah Berdirinya Google

Xiaomi sendiri memiliki firmware sendiri bernama MIUI yang diluncurkan pada tanggal 16 agustus 2010. Firmware ini ditanamkan pada ponsel pertamanya yaitu Mi 1 dengan firmware MIUI yang hampir menyerupai Touchwis samsung dan juga iOS dari Apple. Kemudian di tahun – tahun berikutnya Xiaomi meluncuran gadget – gadget terbaru dari Mi 2, Mi Note Pro sampai tablet Mi Pad yang diluncurkan pada maret 2014. Meurut International Data Corporation (IDC) Xiaomi berada di urutan ke 3 di bawah Samsung yang merajai ponsel dan peringkat kedua diambil Apple. Sedangkan peringkat ke 4 dan 5 berturut – turut ditempati Lenovo dan LG.

Bagikan:

Tags

Rahmad Ardiansyah

Perkenalkan, saya Rahmad Ardiansyah, S.Pd. Guru lulusan pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang. Sejak menjadi pelajar saya hobi terkait IT terkhusus pengelolaan blog. Selain mengelola website Idsejarah.net, saya juga menjadi admin web mgmpsejarahsmg.or.id, admin web sma13smg.sch.id sekaligus menjadi salah satu penulis LKS di Modul Pembelajaran MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan program Calon Guru Penggerak angkatan 10. Projek web Idsejarah.net saya harapkan akan menjadi media untuk mempermudah guru sejarah dalam mengakses artikel, video, dan media pembelajaran terkait pembelajaran sejarah. Website ini akan terus dikelola dan dikembangkan agar semakin lengkap. Kedepannya besar harapan saya untuk mengembangkan aplikasi android untuk guru sejarah. Selain mengelola website, saya juga aktif mengelola channel Youtube Idsejarah sebagai media berekspresi platform video online.

Leave a Comment

Bantu kami untuk lebih berkembang dengan subcribe channel youtube idsejarah