Tuesday, June 21, 2016

Sejarah Tembok Besar Cina

Tembok terpanjang di dunia, Tembok Cina memiliki panjang sekitar 6.350 kilometer membentang dari bagian barat ke bagian timur. Bangunan ini berbentuk memanjang bagaikan naga yang menghadang serangan para musuh yang berusaha menyerang daratan Cina. Ikon Cina ini membentang dari Shanhaigun di sebelah timur, melewati perbatasan Cina dan Manchuria hingga Lop Nur di sebelah tenggara daerah otonomi Xinjiang Uygur. Pembangunan tembok ini menghabiskan waktu yang sangat lama, lintas generasi serta mengorbankan nyawa yang tidak sedikit.

Fungsi bangunan ini yaitu melindungi daratan Cina dari serangan musuh. Kaisar Qin Shihuang menjadi pelopor yang mengawali pembangunan dinding pertahanan ini. Pada awalnya hanya sepanjang 2.414 km dan kemudian pada Dinasti Ming arsitekturnya disempurnakan dan jadilah seperti yang kita lihat sekarang. Qin Shihuang Ti memiliki peran besar di Cina pada masanya. Qin Shihuang Ti atau yang lebih dikenal dengan Shi Huang Ti berjasa menyatukan daratan Cina pada 221 M dan memiliki jasa memperkenalkan mata uang, menyederhanakan aksara Cina dan memajukan pendidikan meskipun di sisi lain ia adalah pemimpin bertangan besi.

Pembangunan Tembok Cina memakan banyak korban. Pekerja pembangunan tembok ini dipekerjakan secara paksa. 300 ribu orang dikerahkan untuk membangun selama 10 tahun dan puluhan ribu orang meninggal karena kelaparan, penyakit bahkan serangan musuh ketika sedang membangun tembok ini. Bahkan tembok Cina ini memiliki julukan "Pemakaman Terpanjang di Dunia". Selain panjangnya yang diperkirakan sepanjang 10.000 Li menurut rakyat Cina namun juga lamanya pengerjaannnya yang diawali dari tahun 656 SM oleh negara Chu hingga zaman Dinasti Ming pada 2.700 tahun kemudian.


EmoticonEmoticon